Syafruddin Adi
Syafruddin Adi
  • Jul 10, 2021
  • 1463

Pariwisata NTB Launching Brand Baru Lombok - Sumbawa Infinite Experience

Mataram NTB - Branding Pariwisata “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” yang Diinisasi oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Diresmikan oleh Pemprov NTB 

pada Malam Puncak Penghargaan Pemenang Photography and Videography Contest Tingkat Nasional.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc yang diwakili leh Sekda NTB, Drs. H. Lalu 

Gita Ariadi meresmikan brand baru pariwisata NTB “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” yang dinisiasi oleh BPPD NTB di Hotel Jayakarta Senggigi 9/072021. 

Sebagai koordinator promosi pariwisata daerah, BPPD NTB menginisiasi dilakukannya re-branding pariwisata NTB. “Sebagai salah satu tugas pokok BPPD NTB, re-branding ini dirasa perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan citra (image) pariwisata NTB” ungkap Ari Garmono selaku Ketua BPPD NTB. 

Peresmian tagline dan logo sebagai brang pariwisata NTB dilakukan pada tanggal 9 Juli 2021 bertepatan dengan malam puncak acara pengumuman juara National Photography and Videography Contest 2021 dengan tema “Lombok 

Sumbawa Emerging Destination” sebagai event promosi perdana BPPD NTB yang didanai oleh Bank NTB Syariah. 

“Malam puncak ini dinamakan sebagai malam Puncak Karya Lombok-Sumbawa Karya Kolektif untuk Promosi 

Lombok-Sumbawa, dimana foto dan video merupakan media promosi visual dan digital yang sangat ampuh untuk 

meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Lombok-Sumbawa sekaligus puncak penampilan video 

launching brand baru pariwisata NTB” Ungkap Didie Mahendra Kusuma, selaku ketua panitia sekaligus Direktur Eksekutif BPPD NTB.

 “Lomba photography diikuti oleh 203 peserta nasional dari sekitar 25 kota se-Indonesia dengan total 824 foto untuk tiga kategori (culture/ heritage, landscape dan UMKM) dan lomba videography dengan total 54 video dari peserta nasional” tambahnya. 

Brand baru pariwisata NTB dengan menyatukan dua destinasi (Lombok-Sumbawa) merupakan upaya untuk meningkatkan citra tidak hanya pariwisata Lombok juga pariwisata Sumbawa sebagai salah satu tujuan roadmap promosi BPPD NTB periode 2021 - 2024. 

Dalam upaya re-branding ini telah dilakukan kajian oleh BPPD NTB secara 

teoritis dan konsultasi kepada tim ahli baik di dalam dan luar negeri serta stakeholder pariwisata termasuk Dinas Pariwisata NTB. Kajian brand ini dilihat dari keunggulan / value propositions pariwisata NTB serta keunikan baik dari segi alam, budaya dan buatan. 

“Brand Infinite Experiences yang dikaji oleh tim akademisi kami memiliki makna bahwa Lombok-Sumbawa memiliki 

keunggulan yang secara alam, budaya dan buatan yang tidak terbatas serta dapat bersaing tidak hanya ditingkat nasional bahkan di level internasional” Jelas Ari Garmono. 

“Salah satunya, Mandalika sebagai DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) Indonesia memiliki sirkuit dengan konsep “street circuit” pertama yang berada di 

sepanjang pantai dalam sejarah MotoGP dan ini merupakan keunggulan luar biasa dengan menggabungkan antara keunggulan atraksi buatan dan alam NTB. Selain itu, NTB memiliki 280 pulau, 99 Desa Wisata sebagai destinasi penyangga untuk upaya “leveraging economy” masyarakat lokal, dua gunung (Rinjani dan Tambora) yang sudah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia, keanekaragaman fauna dan flora yang eksotis, dan keunikan budaya dari tiga suku asli dalam satu provinsi (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang memberikan pengalaman yang tak terbatas / infinite experiences” tambahnya. 

Sehingga kedepannya, brand baru “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” dapat menarik minat wisatawan untuk 

mengeksplor lebih banyak lagi objek wisata dan daya tarik wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang memberikan 

pengalaman yang tidak ada batasnya mulai dari pariwisata pedesaan hingga pertunjukan sport-tourism internasional. 

Melalui brand ini Pariwisata Lombok-Sumbawa optimis kedepannya dapat menjadi “face of Indonesia” di mata dunia."pungkasnya".(Adbravo)

Bagikan :

Berita terkait

MENU